JepangSiapProduksi Chip CanggihMulai 2nm Tahun 2025

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TOKYO – Jepang akan mendirikan basic manufacturing di dalam negeri yang akan memproduksi chip berbasis prosesor 2nmcanggih.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (16/6/2022) Jepang juga akan bekerja sama dengan AS untuk membantu mewujudkan rencana ini pada tahun 2025.

Menurut laporan NikkeiAsia, Jepan akan ikut bergabung dengan produsen teknologi di AS untuk memproduksi chip canggihgenerasiberikutnya.

Dengan demikian, Tokyo dan Washington akan memberikan dukungan satu sama lain melalui kemitraanteknologisemikonduktor.

Selain itu, kerjasama ini juga akan melibatkan perusahaan swasta dari kedua negara, yang akan membantu dalam penelitian desain dan produk simassal chip.

Sementara itu, TSMC (Taiwan Stacked Circuit Manufacturer) sudah memproduksi prosesor 2nm canggih secara massal.

Di sisi lain, Jepang saat ini sedang mengerjakan pasokan semikonduktor yang stabil melalui produksi chip generasi berikutnya dalam negeri.

Kemitraan dengan Amerika Serikat dapat mencakup pendirian perusahaan baru atau pusat manufaktur baru.

Sampai baru-baru ini, Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang memberikan subsidi untuk mengurangi biaya litbang untuk semikonduktor canggih.

Penelitian bersama akan dimulai tahun ini, dan produksi massal dengan pusat penelitian dijadwalkan mulai 2025 hingga 2027.

TSMC juga akan mendirikan pabrik pembuatan chip di Kumamoto, Jepang. Namun, pabrik ini tidak memproduksi chip canggih, melainkan berfokus pada teknologi chip untuk prosesor di kisaran 10nm hingga 20nm.