Inilah Smartphone Gaming Idaman, Review Xiaomi Black Shark 2 Pro

Ulasan Black Shark2 Pro

Dunia game smartphone Indonesia mulai bergerak. Sudah ada dua nama besar di segmen ini. Asus dengan ROG Phone II dan Black Shark dengan (Xiaomi) Black Shark 2 series.

BukaReview sendiri berkesempatan mencoba Black Shark 2 versi Pro selama kurang lebih dua minggu. Selama waktu ini, saya memiliki pengalaman bermain game yang ideal. Hal ini dapat dicapai berkat spesifikasi kecepatan tinggi dan kenyamanan eyescreen.

Sebenarnya cukup aneh untuk mencoba ponsel yang sudah diberi predikat sebagai smartphone gaming. Itu karena saya telah mencoba begitu banyak perangkat berperforma tinggi dalam 10 tahun karir saya di dunia gadget.

Menariknya, produk tersebut disebut sebagai produk andalan HP, bukan smartphone gaming. Tidak ada istilah khusus untuk HP ini. Jadi ketika saya mendapatkan Black Shark 2 Pro, saya mulai bertanya-tanya mengapa ia memenangkan gelar untuk smartphone gaming. Bukankah Black Shark 2 Pro merupakan smartphone andalan baru yang “hanya”? Apa perbedaan antara Black Shark 2 Pro dan Flagship Phone? Apakah ada fitur yang membuat Black Shark 2 Pro cocok untuk game?

Baca juga: Review Suunto 9 Baro, Jam Tangan Multi Olahraga untuk Atlet Profesional

Ya, temukan jawabannya di artikel selanjutnya!

Ulasan Black Shark 2 Pro: Desain

Hal pertama yang membedakan Black Shark 2 Pro dengan ponsel flagship adalah desainnya. Dibuat oleh anak perusahaan Xiaomi, produk ini memiliki desain yang keren dan terlihat maskulin. Sepintas, mudah untuk melihat bahwa Black Shark 2 Pro bukanlah smartphone flagship biasa, ini adalah produk gaming yang cantik.

Di bagian belakang adalah pencahayaan RGB. Lampu ada di logo “S” dan dua garis di atas dan di bawah logo.

Di sisi kanan dan kiri perangkat, BlackShark juga melengkapi produk ini dengan pencahayaan RGB! Indikator menyala saat perangkat menerima pemberitahuan, menerima panggilan, dan mengisi daya perangkat. Menariknya, Anda bisa mengatur warna dan efek pencahayaan RGB di bagian Settings.

Bagian belakang Black Shark 2 Pro sebenarnya memiliki dasar kaca. Perangkat yang diuji memiliki aksen hijau reflektif. Menariknya, BlackShark tidak ingin desainnya terlihat sederhana.

Ada baja matte di tengah dan di sekitar tepinya. Desain baja juga membuat Black Shark 2 Pro sangat keren.

Berkat desain ini, Black Shark 2 Pro memiliki punggung anti selip seperti kebanyakan ponsel flagship dengan kaca. Jika Anda membutuhkan pegangan yang lebih nyaman, cukup gunakan casing bawaan untuk meningkatkan daya tahan dan anti selip Black Shark2 Pro.

Di bagian belakang terdapat dua lensa kamera yang ditempatkan secara vertikal (48MP dan 12MP). Ada modul flash di bawah lensa.

Ada tombol volume di sisi kiri. Anda dapat menggunakan tombol ini untuk menambah atau mengurangi volume.

Di sisi kanan adalah tombol pada model yang dapat ditarik untuk mengaktifkan fitur ruang hiu. Ini adalah fitur permainan BlackShark 2 Pro. Selain tombol slide, ada juga tombol power.

Ada speaker stereo di panel depan. Saat saya mencobanya, suara Black Shark 2 Pro bisa sangat keras, membuat pengalaman bermain game semakin imersif dan menyenangkan. Suara yang dihasilkan oleh speaker ini sangat berharga.

Di bagian bawah adalah port USB Type-C. sedih. Tidak ada port audio 3.5mm. Sepintas, Black Shark ingin Anda lebih asyik bermain dengan speaker yang ada.

Tidak ada sensor sidik jari di bodi perangkat. Pasalnya, BlackShark telah menempatkan sensor tersebut di belakang layar. Ya, Black Shark 2 Pro memiliki modul sidik jari dalam layar.

Lagi-lagi, desain Black Shark 2 Pro benar-benar lebih keren dari ponsel andalannya, yakni desain kaca sederhana tanpa embel-embel.

Baca juga: Review Proyektor Asus ZenBeam S2: Ukuran Ringkas, Performa Luar Biasa

Ulasan Black Shark 2 Pro: Layar

Black Shark 2 Pro hadir dengan layar AMOLED. Ukurannya cukup besar yaitu 6,39 inci. Resolusi Full HD + (1080 x 2340 piksel) didukung.

Sayangnya, kecepatan refresh layar standar bahkan pada 60Hz. Layar refresh rate ini banyak digunakan. Smartphone gaming lain yang ada di pasaran di Indonesia sebenarnya sudah menggunakan layar dengan refresh rate hingga 120Hz.

Tetapi apakah benar-benar buruk menggunakan kecepatan refresh 60Hz? tentu saja tidak. Pasalnya, masih sedikit game di ekosistem Android yang mendukung 90Hz atau 120Hz. Oleh karena itu, 60Hz sudah cukup untuk perangkat.

Pihak Black Shark sendiri menyatakan lebih memilih layar 60Hz agar Black Shark 2 Pro tidak terlalu tinggi.

Layar AMOLED Black Shark 2 Pro sangat bagus. Gambar yang ditampilkan cerah dan jelas. Tentu saja, itu dipengaruhi oleh video dan foto. Jika Anda mengaturnya ke video full HD, gambar akan terlihat bagus. Pastikan gambar yang ditampilkan diretas saat Anda menyetel video ke resolusi rendah.

Baca juga: Review: Samsung Galaxy M30, Pilihan Menarik, Tapi Bukan Terbaik

Saya sempat bertanya kepada teman-teman tentang foto dan video yang ditampilkan di layar AMOLED Black Shark 2 Pro. Alhasil, saya terkesima dengan gambar yang ditampilkan. Gambar yang ditampilkan sebenarnya bisa bergerak mulus di layar.

Menariknya, layar Black Shark 2 Pro memiliki layar sentuh 240Hz dengan penundaan 43.5ms. Artinya, layarnya lebih sensitif terhadap sentuhan.

Saat Anda menyentuh layar, karakter yang dipilih akan bergerak atau menembak setelah 43,5 ms. Layar lain biasanya memiliki penundaan lebih dari 50 ms. Untuk pemahaman yang lebih baik, penundaan di sini mengacu pada kecepatan respons terhadap sentuhan antara sentuhan dan respons sistem.

Teknologi ini sangat berguna untuk bermain game menembak seperti PUBG dan COD Mobile.

Ulasan Black Shark 2 Pro: Spesifikasi dan Pengalaman Gaming

Sebelum membahas pengalaman bermain game dengan Black Shark 2 Pro, ada baiknya untuk meninjau spesifikasinya terlebih dahulu.

Perangkat ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855+. Perlu diketahui bahwa chipset tersebut sedikit berbeda dengan Snapdragon 855. Model yang digunakan di BlackShark2Pro adalah versi overclock, jadi lebih cepat.

Tersedia dua konfigurasi RAM dan kapasitas penyimpanan. Yaitu, 8GB + 128GB dan 12GB + 256GB. Konfigurasi awal perangkat yang diuji adalah 8GB + 128GB.

Menariknya, sistem penyimpanan yang digunakan sudah menggunakan teknologi UFS 3.0. Ini berarti Anda dapat mempercepat membaca dan menulis data.

Saya rasa tidak perlu menyertakan hasil tes di AnTuTu. Pasalnya, spesifikasi yang digunakan memastikan skor akhir yang tinggi, sama seperti ponsel flagship lainnya.

Kami perlu menekankan gameplay dengan Black Shark 2 Pro. Jelas, produk ini adalah smartphone gaming.

Untuk memainkan game, geser tombol ke atas untuk mengaktifkan fitur Shark Space. Seperti yang sudah disebutkan, tombol Shark Space berada di atas tombol power.

Apa fungsi Waktu Hiu? Pada dasarnya, Shark Space adalah peluncur game. Letakkan semua game Anda dalam satu wadah. Shark Space juga mematikan semua pesan dan notifikasi ponsel serta membersihkan memori yang tidak diperlukan untuk game. Sederhananya, SharkTime lebih mengoptimalkan pengalaman bermain game.

Dalam gim, Anda dapat menggesek ke bawah dari kanan atas layar. Sekarang, langkah ini membuka Gamer Studio. Menu ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan terkait kenyamanan game, seperti mengaktifkan dan menonaktifkan notifikasi, serta menolak semua panggilan masuk.

Klik Gamer Studio untuk mengatur kinerja yang diinginkan. Ada mode yang disebut mode Ludicrous yang memaksimalkan kinerja CPU dan GPU dan tahan suhu setinggi yang dapat ditangani perangkat. Dalam hal ini, telepon akan beroperasi dalam mode maksimum dan permainan akan lebih lancar.

Black Shark 2 Pro telah diuji menggunakan berbagai game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG, Asphalt 9, dan COD Mobile.

hasil? Seperti yang diharapkan, Black Shark2 Pro mampu menyerap semua game ini dengan sangat lancar. Bahkan jika semua pengaturan diatur ke penempatan yang benar, pengaturan grafis tertinggi, Anda tidak akan merasakan lag.

Black Shark 2 Pro menjalankan sistem operasi Android 9.0 (Pie) dengan antarmuka bernama JoyUI. Tampilannya sangat “bersih” dan ada beberapa aplikasi yang cerewet. Mungkin tujuannya adalah untuk membuat sistem semudah mungkin meluncurkan game.

Menariknya, Black Shark 2 Pro dilengkapi dengan controller! Bermain game FPS dan MOBA sangat memudahkan dalam menggerakkan karakter sehingga terasa lebih “mudah” atau bahkan “curang”.

Kombinasi fitur software pendukung game, spesifikasi dan aksesoris membuat pengalaman bermain game menjadi sangat menyenangkan. Karena itulah Black Shark 2 Pro layak disebut sebagai smartphone gaming, bukan sekedar smartphone flagship.

Ulasan Black Shark 2 Pro: Baterai dan Sistem Pendingin

Baterai 4000mAh untuk perangkat ini juga sangat bertenaga. Black Shark dapat mengoptimalkan baterai ini dengan sistem yang ada. Mobile Legends: Memainkan Bang Bang empat kali berturut-turut mengurangi daya baterai sekitar 20%. Waktu permainannya sendiri sekitar 45 menit.

Black Shark 2 Pro juga memiliki sistem pendingin yang hebat. Produk ini memiliki pelat pendingin cair dan pelat pendingin pipa. Saat saya coba bermain selama 45 menit tanpa istirahat, suhu hanya naik menjadi 36 derajat Celcius. Ini cukup normal.

Ulasan Black Shark 2 Pro: Kamera

Untuk smartphone gaming, Black Shark 2 Pro hadir dengan kamera yang cukup mumpuni. Resolusi kamera utama adalah 48 megapiksel dan aperture f/1.8. Kamera kedua memiliki resolusi 12 megapiksel, bukaan f/2.2, dan 2x optical zoom.

Ada kamera 20 megapiksel f/2.0 di bagian depan.

Hasil jepretan kamera cukup bagus. Detailnya sangat terpelihara dengan baik. Saya hanya merasa bahwa warnanya sedikit hilang.

Hasil pemotretan malam hari (night mode) pada perangkat ini juga sangat baik. Detailnya belum dirilis.

Jika Anda menggunakan kamera 48 megapiksel, jangan kaget dengan ukuran file foto Anda. Ukuran satu foto bisa melebihi 20MB.

Berikut adalah gambar BlackShark 2 Pro.

Kesimpulan Ulasan Black Shark 2 Pro

Setelah mencoba Black Shark 2 Pro, saya mulai mengerti apa itu smartphone gaming. Perangkat semacam itu lebih dari sekadar ponsel untuk komunikasi. Namun, ekosistem yang memungkinkan Anda untuk bermain game di ponsel Anda mungkin optimal.

Black Shark 2 Pro dilengkapi dengan software yang memungkinkan Anda bermain game dengan nyaman. Desain produk ini sangat keren sehingga dijamin akan menatap ponsel Anda dengan segenap mata.

Dengan aksesoris yang ada, Anda bisa bermain game dengan lebih nyaman di ponsel Anda. Spesifikasi yang ada memungkinkan game berjalan sangat lancar di perangkat tanpa penundaan. Layarnya dijamin akan mengejutkan Anda dan Anda akan melihatnya berjam-jam.

Nyatanya hasil jepretan kamera tidak seindah kamera flagship HP lainnya. Namun, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang baik untuk media sosial dan snapshot harian lainnya.

Berdasarkan temuan di atas, Black Shark 2 Pro adalah smartphone gaming impian yang layak untuk dilihat.

Jika Anda menginginkan pengalaman bermain game yang lebih nyaman dan menyenangkan di ponsel Anda, kami sangat merekomendasikan Black Shark2 Pro. Harga Black Shark 2 Pro sendiri adalah Rs 8.999.000 untuk versi RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.