Bisnis Online dan Keuntungan Di dalamnya
Images source: freepik.com

Bisnis Online dan Keuntungan Di dalamnya!

Di era digital ini, hampir semua keperluan dapat dilakukan secara online. Berbisnis online merupakan hal yang lumrah sekarang ini dan berbagai market place hadir sebagai media bagi pedagang online untuk menjual dagangan mereka. Apa sebenarnya bisnis online itu? Bagaimana cara memulainya? Apa saja keuntungan berbisnis online?

Apa Itu Bisnis Online?

Definisi bisnis online seperti halnya yang dikutip dari berbagai sumber adalah segala aktifitas bisnis (jual beli dan jasa) yang dilakukan tanpa tatap muka dan dilakukan secara online (melalui perantara internet).

Dalam berbisnis online, penjual dapat menggunakan media sosial pribadi atau membuat akun khusus toko online mereka pada platform media sosial yang diinginkan. Dengan berbekal koneksi internet yang stabil, dan perangkat canggih seperti smartphone, laptop, atau yang lainnya, maka bisnis online pun dapat segera dimulai.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Untuk dapat dengan segera memulai bisnis online, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Tentukan Barang Atau Jasa Yang Akan Ditawarkan

Penting untuk menentukan jenis barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada calon pembeli. Fokuslah pada bidang yang anda minati dan kuasai. Pilihan lain, anda juga dapat melakukan riset dengan mengamati tren terkini pada google trends ataupun tool lainnya secara online.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara akurat mengenai barang atau jasa populer yang  sedang banyak diminati saat ini. Dengan melakukan riset dan pengamatan pada google trends ataupun pencarian terpopuler pada berbagai market place maka anda dapat menentukan jenis barang atau jasa yang akan dipasarkan nantinya.

  1. Foto dan Buat Katalog Online Produk Anda

Untuk segera melakukan penjualan secara online, maka anda harus meposting foto-foto produk anda semenarik mungkin. Pencahayaan dan tata letak produk menjadi kunci dari hasil foto produk yang berkualitas. Anda dapat mengambil foto produk anda secara mandiri dengan memanfaatkan fitur kamera pada smartphone anda.

Jangan lupa sertakan spesifikasi produk atau jasa dan juga nomer kontak anda untuk pemesanan nantinya. Informasi tersebut akan membantu pembeli untuk mendapatkan informasi produk secara spefisifik. Mesipun terkesan sepele, ini adalah langkah penting bagi suksesnya suatu bisnis online.

  1. Posting Barang dan Jasa Secara Online

Setelah semua foto dan catalog produk selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mempostingnya pada media sosial atau market place yang dikehendaki. Pastikan anda telah memilih market place secara selektif.

Bacalah aturan serta ketetapan yang diberikan oleh market place dengan seksama, agar anda tahu keuntungan dan kerugian menggunakan market place tersebut.

  1. Buatlah Promosi Semenarik Mungkin

Langah terkahir yang tidak boleh dilupakan adalah membuat promosi semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik melihat postingan di akun atau toko online kita. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberi diskon setengah harga, beli 2 gratis 1 dan lain sebagainya.

Keuntungan Berbisnis Online

Melakoni bisnis online memang memberikan berbagai keuntungan bagi pedagang online itu sendiri. Tidak heran jika banyak pedagang yang menjajakan barang atau jasa mereka secara online. Lalu, apa saja keuntungan berbisnis online tersebut?

  1. Modal Yang Minim

Mungkin banyak orang yang mengira jika untuk memulai berbisnis secara online diperlukan modal yang besar. Faktanya, anda dapat memulai bisnis online anda dengan modal yang sangat minim. Bahkan anda dapat mencoba sistem dropshipper dan reseller untuk menekan pengeluaran di awal apabila anda kesulitan untuk mendapatkan modal.

Diperlukan tekat dan konsistensi dalam memulai bisnis online. Untuk bergabung pada sistem dropshipper maupun reseller, anda dapat bertanya kepada toko online ataupun offline yang bersangkutan untuk mengetahui ketentuan dan syarat yang berlaku.

Memulai usaha online tentu saja tidak memerlukan banyak biaya seperti halnya berbisnis secara offline. Pedagang online tidak diharuskan untuk memiliki toko dan perlengkapan lainnya sehingga biaya untuk penyewaan kios dan biaya pembelian alat dapat dihilangkan.

  1. Jangkauan Luas

Berbisnis online memlili jangkauan yang luas karena produk anda akan dilihat oleh seluruh orang di Indonesia bahkan di luar negri. Semua ini berkat sistem online yang memungkinkan toko online dapat dapat dilihat oleh banyak orang melalui internet.

Menjalankan bisnis online tidak serumit seperti yang dibayangkan. Dengan gadget yang anda miliki dan koneksi internet yang lancar, anda dapat memulai bisnis anda sendiri. Bahkan dengan modal yang minim, anda berkesempatan mendapatkan keuntungan maksimal dan menjangkau lebih banyak pelanggan!