Asus ROG Phone 2, Smartphone Gaming Canggih

Hands-on Asus ROG Phone 2

Di penghujung tahun 2019, Asus membuat kejutan di Indonesia. Awalnya dikenal di dunia PC, perusahaan telah memperkenalkan smartphone gaming terbaru ke pasar Indonesia. Ini adalah ROG Phone2.

Seperti apa tampilan ROG Phone 2 ini? Buka Review telah menguji perangkat ini secara singkat. Berikut adalah kesan pertama saat menggunakan produk tersebut.

Desain Asus ROG Phone 2

Diumumkan sebagai smartphone gaming, Asus ROG Phone 2 adalah desain “masa depan”. Ini adalah desain yang tampaknya “sangat menyenangkan”. Sekilas memang terlihat bahwa Asus ROG Phone 2 bukanlah ponsel Android biasa.

Bagian belakang Asus ROG Phone 2 dilapisi kaca. Bahannya agak licin. Untungnya, bodi ponsel ini terbuat dari besi. Akibatnya, produk cenderung tidak terlepas dari tangan Anda. Selain itu, ada bodi keren yang semakin menstabilkan cengkeraman.

Di bagian belakang, ada garis oranye yang disebut “ROG Aerodynamic System”. Ya, garis oranye itu adalah sistem pendingin perangkat.

Saat saya menguji unit ini, udara panas keluar dari ventilasi. Singkatnya, sistem pendingin ini benar-benar berfungsi untuk menghilangkan panas dari perangkat.

Baca juga: Review Proyektor Asus ZenBeam S2: Ukuran Ringkas, Performa Luar Biasa

Terdapat logo ROG di bagian tengah bodi perangkat. Menariknya, ia memiliki lampu latar RGB, sehingga logo bersinar.

Di bagian depan adalah layar AMOLED FullHD + 6,59 inci (1080 x 2340 piksel). Tingkat kepadatan layar adalah 391ppi.

Layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 untuk ketahanan benturan. Menariknya, ia memiliki teknologi HDR10 dan kecepatan refresh layar hingga 120Hz. Tingkat sensitivitas layar ini mencapai 240Hz. Rasio aspek layar adalah 19,5:9.

Dimensi produk mencapai 171 x 77,6 x 9,5 mm, yang menurut kami sangat panjang. Sangat sulit mengoperasikan Asus ROG Phone 2 dengan satu tangan.

Meski demikian, layarnya sangat berguna untuk bermain game dan menonton film. Selain itu, teknologi AMOLED dan HDR10 membuat warna tampak seterang dan secerah mungkin. Oh ya, tingkat kecerahan layarnya mencapai 600 rajutan.

Asus ROG Phone 2 terasa cukup berat. Beratnya 240 gram. Bandingkan dengan iPhone 11 Pro Max yang lebih besar. Versi iPhone ini memiliki berat 226 gram.

Bobot ini berkat baterai 6000mAh yang ditempatkan di bodi perangkat. Ya, itu besar, tetapi Anda akan mendapatkan baterai yang terlalu besar. Ya, beratnya dihargai.

Hal menarik lainnya adalah perangkat ini memiliki dua port USB-C di bodinya. Yang satu di bawah dan yang lainnya di kiri. Port USB-C ganda menarik karena Anda dapat mengisi daya perangkat Anda saat bermain game di posisi apa pun. Jika Anda bermain menyamping, cukup isi daya di port di sebelah kiri.

Ponsel Gaming Kinerja Asus ROG2

Sebaiknya periksa spesifikasi Asus ROG Phone 2 sebelum mencobanya. Produk ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855+ berkecepatan tinggi. Ini adalah versi overclock dari Snapdragon 855. Frekuensi Snapdragon 855+ sendiri hingga 2.96GHz. GPU yang digunakan juga versi overclock yaitu Adreno 640 700MHz.

Ada juga hingga 12GB RAM. Kali ini, untuk tes cepat, saya menggunakan versi dengan RAM 8GB.

Baca juga: Asus ROG Phone2 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Spesifikasi dan Harganya Sebagai Berikut.

Saya memainkan game menembak PUBG Mobile yang sedang populer saat ini. Setting yang digunakan sudah tepat. Dengan kata lain, ini adalah pengaturan gambar terbaik. Gambar dapat direpresentasikan dengan baik dalam warna-warna cerah. Saya tidak merasakan lag selama pertandingan. Frame rate dapat diperbaiki pada 60fps.

Ketika saya mencoba game ini pada tahap tertentu, Asus ROG Phone II tidak terasa panas. Saat saya cek, suhunya hanya 33 derajat.

Secara umum, bermain game di Asus ROG Phone II sangat nyaman dan menyenangkan.

Kesimpulan Asus ROG Phone 2

Saya sebenarnya belum pernah menggunakan Asus ROG Phone 2. Alasannya sederhana. Produk ini untuk game.

Untuk game, Asus ROG Phone 2 sangat nyaman digunakan. Saya tidak merasakan penundaan. Gambar yang dihasilkan juga akan berwarna cerah berkat teknologi AMOLED.

Juga, harganya relatif murah dibandingkan dengan ponsel Android utama. Asus ROG Phone 2 dijual dengan harga sekitar Rp8 jutaan.